Langsung ke konten utama

Post-test Komunikasi Serial

1. Jelaskan bagaimana cara kerja dari komunikasi serial!


Komunikasi serial adalah komunikasi yang pengiriman datanya per-bit secara berurutan dan bergantian. Komunikasi ini mempunyai suatu kelebihan yaitu hanya membutuhkan satu jalur dan kabel yang sedikit dibandingkan dengan komunikasi paralel. Pada prinsipnya komunikasi serial merupakan komunikasi dimana pengiriman data dilakukan per bit sehingga lebih lambat dibandingkan komunikasi parallel, atau dengan kata lain komunikasi serial merupakan salah satu metode komunikasi data di mana hanya satu bit data yang dikirimkan melalui seuntai kabel pada suatu waktu tertentu. Pada dasarnya komunikasi serial adalah kasus khusus komunikasi paralel dengan nilai n = 1, atau dengan kata lain adalah suatu bentuk komunikasi paralel dengan jumlah kabel hanya satu dan hanya mengirimkan satu bit data secara simultan.Hal ini dapat disandingkan dengan komunikasi paralel yang sesungguhnya di mana n-bit data dikirimkan bersamaan, dengan nilai umumnya 8 ≤ n ≤ 128.

Komunikasi serial ada dua macam, asynchronous serial dan synchronous serial. Synchronous serial adalah komunikasi dimana hanya ada satu pihak (pengirim atau penerima) yang menghasilkan clock dan mengirimkan clock tersebut bersama-sama dengan data. Contoh pengunaan synchronous serial terdapat pada transmisi data keyboard. Asynchronous serial adalah komunikasi dimana kedua pihak (pengirim dan penerima) masing-masing menghasilkan clock namun hanya data yang ditransmisikan, tanpa clock. Agar data yang dikirim sama dengan data yang diterima, maka kedua frekuensi clock harus sama dan harus terdapat sinkronisasi. Setelah adanya sinkronisasi, pengirim akan mengirimkan datanya sesuai dengan frekuensi clock pengirim dan penerima akan membaca data sesuai dengan frekuensi clock penerima. Contoh penggunaan asynchronous serial adalah pada Universal Asynchronous Receiver Transmitter (UART) yang digunakan pada serial port (COM) komputer.





2,Keuntungan dan Komunikasi Serial RS 232
Rangkaian komunikasi serial RS 232 berfungsi untuk menghubungkan device dari luar komputer dengan komputer itu sendiri. Karena tanpa adanya penghubung tersebut device tidak bisa berkomunikasi dengan komputer. Sedangkan keuntungan dari komunikasi serial RS 232 adalah sebagai berikut :

• Kabel untuk komunikasi serial bisa lebih panjang dibandingkan dengan pararel.
Data-data dalam komunikasi serial dikirimkan untuk logika ‘1’ sebagai tegangan -3 s/d -25 volt dan untuk logika ‘0’ sebagai tegangan +3 s/d +25 volt, dengan demikian tegangan dalam komunikasi serial memiliki ayunan tegangan maksimum 50 volt, sedangkan pada komunikasi pararel hanya 5 volt. Hal ini menyebabkan gangguan pada kabel-kabel panjang lebih mudah diatasi dibanding dengan pararel.

• Jumlah kabel serial lebih sedikit.
Dua perangkat komputer yang berjauhan dengan hanya tiga kabel untuk konfigurasi null modem, yakni TxD (saluran kirim), RxD (saluran terima) dan Ground, akan tetapi jika menggunakan komunikasi pararel akan terdapat dua puluh hingga dua puluh lima kabel.

• Komunikasi serial dapat menggunakan udara bebas sebagai media transmisi.
Pada komunikasi serial hanya satu bit yang ditransmisikan pada satu waktu sehingga apabila transmisi menggunakan media udara bebas (free space) maka dibagian penerima tidak akan muncul kesulitan untuk menyusun kembali bit bit yang ditransmisikan.

• Komunikasi serial dapat diterapkan untuk berkomunikasi dengan mikrokontroler.


Kerugian :
  • Port serial jauh lebih lambat daripada port parallel
  • Port serial terkesan lebih rumit daripada port parallel
  • Dari Segi perangkat keras: adanya proses konversi data pararel menjadi serial atau sebaliknya menggunakan piranti tambahan yang disebut UART (Universal synchronous Receiver/Transmitter).
  • Dari Segi perangkat lunak: lebih banyak register yang digunakan atau terlibat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAHASA INDONESIA

    TUGAS BAHASA INDONESIA MATERI SAP BAB 1 S/D 4 UNIVERSITAS GUNADARMA BAB I Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia 1. Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional Setelah Sumpah Pemuda semangat dan jiwa bahasa Melayu sudah bersifat nasional atau jiwa Indonesia. Pada saat itulah, bahasa Melayu yang berjiwa semangat baru diganti dengan nama bahasa Indonesia. “Hasil Perumusan Seminar Politik Bahasa Nasional” yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 25-28 Februari 1975 antara lain menegaskan bahwa dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia berfungsi sebagai: a) Lambang kebanggaan nasional   Sebagai lambang kebanggaan nasional, bahasa Indonesia ‘memancarkan’ nilai-nilai sosial budaya luhur bangsa Indonesia. Dengan keluhuran nilai yang dicerminkan bangsa Indonesia, kita harus bangga dengannya; kita harus menjunjungnya; dan kita harus mempertahankannya. Sebagai realisasi kebanggaan kita terhadap bahasa Indonesia, kita harus me

Contoh Karangan Budaya Membaca

Meningkatkan Minat Baca di Kalangan Pelajar Sebelum menuju ke inti pembicaraan, saya terlebih dahulu akan memperkenalkan apakah arti dari kata membaca itu sendiri. Apa itu membaca? Apakah fungsi membaca? Apakah tujuan membaca? Sejak kapan kita harus membaca? Buku apa yang harus dibaca? Dimana kita harus membaca? Dan mengapa harus membaca? Pertanyaan – pertanyaan tersebut kadangkala ditanyakan oleh beberapa siswa ketika mereka diperintahkan membaca oleh guru mereka. Kali ini, saya ‘kan mencoba menjawabnya. Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis. Semakin banyak membaca, semakin banyak pula informasi yang kita dapatkan, walaupun terkadang informasi itu kita dapatkan secara tidak langsung. Banyak orang bilang, buku itu merupakan jendela dunia. Mengapa demikian? Karena buku itu sendiri dapat membuka wawasan yang sangat luas. Tidak hanya informasi yang ada dalam negeri yang didapatkan, melainkan informasi tentang dunia, bahkan alam semesta

Tugas softskill bahasa inggris bisnis

Exercise 21: Conditional Sentences (Page 97) Supply the correct form of the verb in parentheses for each of the following sentences. Review the formulas if you have trouble. 1. Henry talks to his dog as if it understood him. 2. If they had left the house earlier, they wouldn’t be so late getting to the airport that they could not check their baggage. 3. If I finish the dress before Saturday, I ............ it to my sister for her birthday. 4. If I had seen the movie, I would tell you about it last night. 5. Had bob not interfered in his sister’s marital problems, there would been peace between them 6. He would give you the money if he had it. 7. I wish they stop   making so much noise so that I could concentrate. 8. She would call you immediately if she needed help. 9. Had they arrived at the sale early, they would have found a better selection. 10. We hope that you enjoyed the party last night. 11. If you have enough time, please paint the chair before