Langsung ke konten utama

Pre Test Komunikasi Serial



Apa yang mendasari komunikasi serial digunakan dalam proses pengiriman data, jelaskan!

RS-232 Standar Transmisi Komunikasi SERIAL DATA. Port Serial RS-232 merupakan fitur standar dari komputer pribadi, digunakan untuk koneksi ke Modem, Printer, Mouse, Penyimpanan Data, dan Perangkat lainnya.
RS-232 terhambat pada Kecepatan Transmisi Rendah, tegangan ayunan besar, dan standar konektor yang besar. Komputer pribadi modern, USB telah mengungsi RS-232 dari sebagian besar peran antarmuka periferal. Sampai saat ini RS-232 masih digunakan, terutama di mesin industri, peralatan jaringan, dan alat instrumentasi ilmiah.

Komunikasi Serial Data RS-232 diperkenalkan pada 1962 dan pada tahun 1997, mendefinisikan sinyal menghubungkan antara
  •  DTE (Data Terminal Equipment)
  •  DCE (Data Circuit Equipment)

Standar RS-232 mendefinisikan karakteristik listrik dan waktu sinyal, Dari sinyal, dan ukuran fisik dan pinout konektor. Standarnya berdasrkan TIA-232-F Antarmuka Antara Data Terminal Equipment dan Data Circuit-terminating Equipment Menerapkan Serial Binary Data Interchange.



KARAKTERISTIK


Komunikasi Serial Data secara dilakukan dengan metode pengiriman data secara bit per bit atau satu per satu secara berurutan dan itu berbeda dengan sistem paralel yang mengirim data secara serentak. kecepatan transfer data RS232 cukup rendah, kecepatan maksimal hanya 19200 bits/sekon. Pengiriman Data dilakukan secara
  •  Satu Arah (HALF DUPLEX)
  •  Dua Arah (FULL DUPLEX)

Level Tegangan
Standar RS-232 Mendefinisikan level tegangan yang sesuai dengan logis dan logis nol tingkat untuk transmisi data dan garis sinyal kontrol. sinyal yang valid baik dalam kisaran 3-15 volt atau kisaran -3 ke -15 volt sehubungan dengan "Common Ground" (GND) pin.
Akibatnya, kisaran antara -3 hingga +3 volt bukan RS-232 tingkat Valid.
Untuk jalur transmisi data (TXD, RXD, dan sekunder saluran setara), logika satu didefinisikan sebagai tegangan negatif, kondisi sinyal disebut "Mark".


Logika Nol adalah Positif dan kondisi sinyal disebut "Ruang". Sinyal Kontrol memiliki polaritas
berlawanan:
- Asserted atau Aktif adalah Tegangan Positif
- Deasserted atau Tidak Aktif adalah Tegangan Negatif.

Contoh :
Garis Kontrol termasuk permintaan untuk mengirim (RTS), yang jelas untuk mengirim (CTS), data terminal siap (DTR), dan data set siap (DSR).

Standar menetapkan tegangan rangkaian terbuka maksimum 25 volt: tingkat sinyal dari ± 5 V, ± 10 V, ± 12 V, dan ± 15 V semua biasa terlihat tergantung pada tegangan yang tersedia untuk sirkuit driver line.

Berikan contoh perangkat yang dapat dihubungkan ke port serial!

Perangkat Port Serial
Device pada serial port dibagi menjadi 2 (dua ) kelompok yaitu
  • Data Communication Equipment (DCE) 
  • Data Terminal Equipment (DTE).
Contoh dari DCE ialah modem, plotter, scanner dan lain lain 
Contoh dari DTE ialah terminal di komputer.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAHASA INDONESIA

    TUGAS BAHASA INDONESIA MATERI SAP BAB 1 S/D 4 UNIVERSITAS GUNADARMA BAB I Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia 1. Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional Setelah Sumpah Pemuda semangat dan jiwa bahasa Melayu sudah bersifat nasional atau jiwa Indonesia. Pada saat itulah, bahasa Melayu yang berjiwa semangat baru diganti dengan nama bahasa Indonesia. “Hasil Perumusan Seminar Politik Bahasa Nasional” yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 25-28 Februari 1975 antara lain menegaskan bahwa dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia berfungsi sebagai: a) Lambang kebanggaan nasional   Sebagai lambang kebanggaan nasional, bahasa Indonesia ‘memancarkan’ nilai-nilai sosial budaya luhur bangsa Indonesia. Dengan keluhuran nilai yang dicerminkan bangsa Indonesia, kita harus bangga dengannya; kita harus menjunjungnya; dan kita harus mempertahankannya. Sebagai realisasi kebanggaan kita terhadap bahasa Indonesia, kita harus me

Contoh Karangan Budaya Membaca

Meningkatkan Minat Baca di Kalangan Pelajar Sebelum menuju ke inti pembicaraan, saya terlebih dahulu akan memperkenalkan apakah arti dari kata membaca itu sendiri. Apa itu membaca? Apakah fungsi membaca? Apakah tujuan membaca? Sejak kapan kita harus membaca? Buku apa yang harus dibaca? Dimana kita harus membaca? Dan mengapa harus membaca? Pertanyaan – pertanyaan tersebut kadangkala ditanyakan oleh beberapa siswa ketika mereka diperintahkan membaca oleh guru mereka. Kali ini, saya ‘kan mencoba menjawabnya. Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis. Semakin banyak membaca, semakin banyak pula informasi yang kita dapatkan, walaupun terkadang informasi itu kita dapatkan secara tidak langsung. Banyak orang bilang, buku itu merupakan jendela dunia. Mengapa demikian? Karena buku itu sendiri dapat membuka wawasan yang sangat luas. Tidak hanya informasi yang ada dalam negeri yang didapatkan, melainkan informasi tentang dunia, bahkan alam semesta

Tugas softskill bahasa inggris bisnis

Exercise 21: Conditional Sentences (Page 97) Supply the correct form of the verb in parentheses for each of the following sentences. Review the formulas if you have trouble. 1. Henry talks to his dog as if it understood him. 2. If they had left the house earlier, they wouldn’t be so late getting to the airport that they could not check their baggage. 3. If I finish the dress before Saturday, I ............ it to my sister for her birthday. 4. If I had seen the movie, I would tell you about it last night. 5. Had bob not interfered in his sister’s marital problems, there would been peace between them 6. He would give you the money if he had it. 7. I wish they stop   making so much noise so that I could concentrate. 8. She would call you immediately if she needed help. 9. Had they arrived at the sale early, they would have found a better selection. 10. We hope that you enjoyed the party last night. 11. If you have enough time, please paint the chair before